Sambut HUT Kemerdekaan ke-72, Menteri Amran Berikan Gajinya Sebulan Pada Tukang Kebun

By Admin


nusakini.com - Seorang tukang kebun yang sehari-harinya bekerja menata taman dan kebun di Kementerian Pertanian (Kementan) bernama Amun merasa bahagia ketika mendapat hadiah dari Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman berupa gaji sebulan menteri.

Rasa haru yang tak terhingga juga dirasakannya saat dirangkul Mentan Amran usai memenangkan lomba minum susu murni dari botol susu yang digelar di lapangan kantor Kementan, Kamis (10/8/2017), dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-72.

"Pemenang pertama lomba minum susu murni ini hadiahnya satu bulan gaji saya," kata Amran yang disambut tepuk tangan peserta lomba dari cleaning service, tukang masak, tukang kebun, hingga pejabat Eselon I Kementan.

Selain memberikan gaji sebulannya kepada sang juara, diselingi dialog, Mentan Amran juga memberikan kaos olah raga kepada Amun.

"Wah, bilang apa yah. Sudah diràngkul Menteri, eh.. dapat hadiah uang lagi,” terangnya, sambil menambahkan bahwa uang sebesar gaji menteri yang diterimanya itu dalam hidupnya tidak terbayang. “Ga kebayang lagi nih pak,” ujarnya haru.

Disamping Amun yang mendapat uang sebesar Rp 19 juta, 5 pemenang lainnya juga mendapat hadiah dari Mentan Amran masing-masing Rp 5 juta. Total gaji Menteri Pertanian Republik Indonesia yang diberikan Rp 44 juta.

Selain menghadiahkan gajinya, Mentan Amran juga memberikan hadiah 5 ekor kambing dan 50 ekor ayam dalam rangkaian berbagai lomba, mulai dari lomba tangkap ayam, mengukir buah, joget dalam sarung, memindahkan bola pingpong, kreasi tumpeng, dan tangkap belut.

Sejak pukul 07.00 WIB, suasana di lapangan Kementerian Pertanian ramai dengan kegiatan senam dan olahraga Menteri Amran bersama pegawai yang dilanjutkan lomba minum susu melalui empeng atau dot. Setelah itu, Amran memimpin lomba tangkap ayam dan ikut bermain bola voli bersama pejabat eselon I melawan eselon II.

Tidak cukup di situ, ia pun ikut meramaikan lomba joget dalam sarung bersama Staf Ahli Menteri Bidang Perdagangan dan Hubungan Internasional Mat Syukur.

Untuk memeriahkan Bulan Kemerdekaan ke-72 Rl dengan tema "Indonesia Kerja Bersama", Kementerian Pertanian menyelenggarakan Festival Pangan Lokal mengusung tema "Tingkatkan Konsumsi Ragam Pangan Lokal Dukung Kemandirian Pangan". 

Tema ini dipilih sebagai salah satu upaya sosialisasi percepatan penganekaragaman atau diversifikasi konsumsi pangan dan pola makan dengan menu BZSA (beragam, bergizi seimbang, dan aman) terhadap khalayak luas. 

Kegiatan bazar pangan lokal sebagai rangkaian peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan RI yang dilaksanakan Jumat (11/8) akan diikuti oleh 60 peserta, yaitu pengusaha UMKM yang bergerak di bidang pangan lokal dari Provinsi DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.

Saat mengunjungi lomba festival pangan lokal, Mentan Amran berpesan agar selalu mempromosikan dan mencintai produk dalam negeri. "Ada fenomena kalau sudah memberikan oleh-oleh produk impor baik makanan maupun barang lainnya seperti jam rolex, itu terbalik. Mereka bangga dan jalan sudah ingin menunjukkan siapa dia. Kalau ada rapat atau pertemuan, sajikanlah produk lokal (makan maupun buah), sampaikan ke seluruh dinas pertanian,” pinta Amran.

Pada kesempatan itupun, Amran mengajak seluruh karyawan Kementan dan organisasi wanita untuk mencintai dan selalu mempromosikan produk lokal. “Karena produk kita tidak kalah kualitasnya dengan produk negara lain," pungkas Mentan Amran. (p/ma)